Waktu yang Tepat dan Terima Kasih



Alhamdulillah aku lulus LPDP tahap 1 tahun 2022 setelah beberapa kali gagal. Sulit sekali bagiku untuk meraihnya dan ini bukan seleksi LPDPku yang pertama, dan rasanya ini adalah waktu yang tepat.

Perjalanan beasiswaku sebenarnya dimulai dari 2015 setelah aku lulus SMK, saat itu aku mengikuti monbukagakusho atau beasiswa pemerintah Jepang karena termotivasi kaka kelas yang bisa lulus kesana. Saat itu kami berempat lulus hingga wawancara, gak pernah seumur-umur lulusan SMK lolos sampai tahap wawancara hingga empat orang, tapi pada akhirnya kami gagal semua. Padahal saingannya tinggan 20an orang lagi. Aku pun coba lagi di tahun 2016 dan sampai pada tahap wawancara lagi, tapi gagal lagi, setelah itu aku kuliah di PTN dan melepaskan impianku kuliah di Jepang.

Saat kuliah sebenarnya aku mengincar exchange atau summer course di luar negeri yang gratisan, tapi memang sulit banget mendapatkannya, sekalinya dapat kesempatan harus bayar, gak ada duitnya T_T. Aku gak pernah ke luar negeri dan pengen tahu apa yang ada di luar sana, makanya penasaran sekali. Namun, sampai lulus pun gagal rencana ini.

Akhirnya lulus S1, lega sekali rasanya karena terhambat pandemi dan skripsi juga sulit, aku sidang bulan Juli 2020 dan bulan Agustus 2020 aku memutuskan rehat sebulan untuk hiburan saja dari nonton, main game karena lelah sekali kuliah 4 tahun non-stop. Bulan November 2020 aku mulai les IELTS karena memang pengen banget kuliah di luar negeri dan English ku gak terlalu bagus. Saat itu, ielts predictionku cuma 4.5 wkwk. Aku les sampai Februari 2021 di tempat-tempat yang berbeda karena belum bener-bener ngerti. Akhirnya Maret 2021 aku ambil real test untuk mulai bisa daftar beasiswa di China dan Jepang yang buka saat itu, tapi aku gagal lagi :( Aku cuma dapat 6.0, gak bisa daftar di daerah Eropa, US, LPDP, aku ngincer minimal 6.5 biar bisa daftar apa aja. Rasanya saat itu aku merasa bodoh dan gagal karena ngabisin uang ortu buat tes yang mahal banget itu, belum biaya lesnya.

Walau sempat terpuruk, aku coba belajar lagi untuk mengejar nilai IELTS, dan Agustus 2021, aku coba real test lagi dan akhirnya bisa dapat 6.5, gak terlalu besar sih tapi setidaknya bisa daftar dimana-mana. Aku booking testnya bulan Juli akhir yang ternyata tinggal 2 slot, tapi uangku gak cukup wkwk. Waktu itu Yudis minjemin aku uang buat bisa daftar IELTS, thank you Yudis, kalo gak ada kamu beneran deh timelineku gak akan kayak sekarang. Waktu itu pas banget aku bisa daftar LPDP tahap 2 tahun 2021, belajar, nontonin youtube, ikutan mock up interview aku lakuin semua tapi ternyata gagal T_T Aku sedih banget saat itu karena rasanya sudah all-out tapi kenapa gagal, hiks.

Ternyata kegagalan LPDP tahap 2 tahun 2021, membuatku bertemu orang-orang hebat lainnya, apresiasi buat kalian, makasih banget,

  1. Mama
    • Supporter aku nomor 1, yang mau bayarin IELTSku 2 kali yang mahal banget tapi tetep percaya sama aku <3 Support segala macam jalan yang mau aku jalanin, gak pernah ngatur dan maksa aku untuk masuk ke jurusan atau jalan kehidupan tertentu.
  2. Rizky
    • Pacarku yang udah 9 tahun yang udah tahan dengerin keluhan-keluhan aku dan selalu mendukung apa yang aku lakukan. Makasih ya udah sabar sama kelakuanku.
  3. Bang Dhika
    • Dia itu bos aku, orangnya sangat optimis dan punya jiwa wirausaha yang tinggi, dari awal dia tau aku mau kuliah lagi tapi mengizinkanku bekerja di tempat dia. Membuka wawasanku tentang bisnis, politik dan juga kehidupan.
  4. Ka Jessica
    • Dia temennya bos aku dan bisa dibilang supervisorku, kuliah di Paris yang ternyata lulusan Erasmus FIPDES juga, dia mau loh review essayku untuk beasiswa juga. Sangat-sangat membantu pekerjaanku yang ternyata masih minim pengetahuan di area bahan tambahan pangan. 
  5. Bang Novan
    • Bosnya sorghum foods, baik banget dan membuka wawasanku tentang sorghum, peternakan dan pertanian di Indonesia. Padahal dia bukan lulusan pertanian tapi motivasinya sangat tinggi untuk pertanian Indonesia, khususnya sorghum, serealia yang masih belum populer di Indonesia. Aku juga banyak ilmu yang baru tahu tentang regulasi bibit dan retail di Indonesia.
  6. Prof. Supriyanto
    • Pinter banget beliau, bisa bikin bibit-bibit unggul, kayak pengen kandungan buahnya mau tinggi gula lah, memperpendek waktu panen atau memperpendek tanaman yang tinggi namun kualitasnya sama, bisa beliau. Dia dulu kuliah di Prancis, bisa juga bahasa Prancis, keren banget. Walau cuma satu hari ketemu beliau, banyak pelajaran yang aku dapat, terutama bahan-bahan lokal di Indonesia yang oke banget.
  7. Yudis
    • Kita satu SMK tapi kayaknya sebelumnya gak banyak ngobrol, tapi dia percaya loh minjemin aku jutaan buat daftar IELTS, gak nyangka, makasih banget Yudis. Kita berjuang bareng dari IELTS sampai LPDP lulus bareng di tahap 1 tahun 2022. Seneng ada temen berjuang bareng juga, sama-sama di Eropa, dan turns out kita ngobrol nyambung juga di real life, cuman karena gak satu circle dulunya gak ada kesempatan ngobrol.
  8. Savi
    • Kita temen satu SMP dan SMK, ternyata dia penerima LPDP juga, aku ngobrol tentang tips and trick buat lulus LPDP yang berguna banget buat interviewku. 
  9. Teman-teman Kobi
    • Makasih guys udah saling menguatkan, tanpa kalian aku kehilangan motivasi, shout out buat mba Roel, Dwi, Nabilla, Amanda, Fitria dan lain-lain.
  10. Teman-teman Thought For Food
    • Christina, Baits, Syafiqa, Ru Jun, Mr. Kumara, thank you guys for the insights and the cooperation. It's my pleasure to meet you all, finally I have international connection.
  11. Lintang
    • Temen SD yang punya startup di bidang pertanian yang keren banget, di saat startup pertanian lainnya collapse, dia tetap bertahan. Masih seumuran sama aku tapi bisa ngegaji orang lain, mantap banget.
  12. Ka Wendy
    • Alumni smakbo yang ketemu di satu pk dan kita juga di satu universitas, bahkan satu departemen. Coba kalo aku lulusnya tahun 2021, kayaknya gak ngeh ketemu dia. Semangat juangnya tinggi di umur yang tidak terlalu muda lagi untuk daftar LPDP, keren banget kamu ka.
Kegagalan memang menyakitkan, tapi akan adanya waktu yang tepat di kemudian hari. Kalau aku lulus beasiswa di tahun 2021 aku gak akan ketemu atau dekat lagi dengan orang-orang di atas. 
Tuhan selalu punya waktu yang tepat

Dan aku percaya akan hal itu, terus berjuang dan berdoa di setiap langkah kita. Insya Allah indah pada waktunya. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.